Cara Mengatasi Printer HP Out of Paper

Indi Qonita

Periksa Penyaluran Kertas

  1. Pertama-tama, periksa apakah ada kertas yang macet atau tersangkut di dalam printer. Matikan printer dan buka bagian penyaluran kertas dengan hati-hati.
  2. Periksa apakah ada potongan kertas yang tersangkut atau berlipat di dalam printer. Jika ada, lepaskan dengan lembut tanpa merobek kertas yang tersangkut.
  3. Pastikan penyaluran kertas dalam keadaan rapi dan tidak terlalu penuh. Jika terlalu penuh, keluarkan beberapa lembar kertas untuk mengurangi beban dan memastikan penyaluran kertas berfungsi dengan baik.

Periksa Sensor Kertas

  1. Printer HP biasanya dilengkapi dengan sensor kertas yang mendeteksi keberadaan kertas. Sensor ini bisa kotor atau rusak, sehingga menyebabkan masalah "out of paper" yang salah.
  2. Periksa apakah ada debu atau kotoran yang menempel pada sensor kertas. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan lap bersih atau sikat yang lembut.
  3. Jika setelah membersihkan sensor kertas masalah masih ada, periksalah apakah ada bagian sensor yang rusak. Jika demikian, Anda perlu menghubungi layanan pelanggan HP untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Periksa Pengaturan Kertas pada Komputer

  1. Buka dokumen atau gambar yang ingin Anda cetak dan periksa pengaturan kertas di perangkat lunak aplikasi yang Anda gunakan.
  2. Pastikan ukuran kertas yang dipilih sesuai dengan ukuran kertas yang ada di dalam printer. Jika Anda menggunakan kertas A4, pastikan pengaturan kertas di aplikasi juga diatur ke A4.
  3. Pastikan juga bahwa orientasi kertas yang dipilih benar. Misalnya, jika Anda ingin mencetak dalam mode potret, pastikan pengaturan kertas di aplikasi juga diatur ke potret.

Coba Restart Printer dan Komputer

  1. Kadang-kadang, masalah "out of paper" dapat diselesaikan dengan cukup melakukan restart sederhana pada printer dan komputer.
  2. Matikan printer dan cabut kabel daya dari sumber listrik. Biarkan selama beberapa detik, kemudian sambungkan kembali kabel daya.
  3. Matikan komputer Anda dan tunggu beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali. Setelah komputer menyala kembali, hidupkan kembali printer and kemudian coba mencetak kembali.

Cek Tingkat Tinta atau Toner

  1. Beberapa printer HP memiliki fitur yang dapat mendeteksi tingkat tinta atau toner yang rendah. Jika level tinta atau toner sudah mencapai batas minimum, printer mungkin tidak akan mencetak dan memberikan pesan "out of paper".
  2. Periksa tinta atau toner di dalam printer dan pastikan masih cukup untuk mencetak. Jika sudah hampir habis, gantilah tinta atau toner yang baru.
  3. Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah ada pesan yang muncul pada layar kontrol printer yang mengindikasikan tingkat tinta atau toner yang rendah.

Hubungi Layanan Pelanggan HP

Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan namun masalah masih belum teratasi, sebaiknya Anda menghubungi layanan pelanggan HP untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat memberikan solusi yang lebih spesifik sesuai dengan model printer HP Anda serta memberikan petunjuk troubleshooting lebih lanjut.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment